Kumpulan Tugas Mandiri

Kewarganegaraan

Tugas Pertemuan I

1. Apa hakekat dari pada pendidikan? UPAYA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP WARGANYA DAN GENERASI PENERUS, YANG BERMAKNA & MAMPU MENGANTISIPASI HARI DEPAN YANG SENANTIASA TERKAIT DENGAN KONTEKS BUDAYA,  BANGSA, NEGARA DAN HUBUNGAN INTERNASIONAL.  
2. Apa kepanjangan dari IPTEKS? ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SENI
3. Jelaskan makna perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan ketakterdugaan? SEHINGGA PENDIDIKAN TINGGI TIDAK DAPAT MENGABAIKAN REALITA KEHIDUPAN YANG MENGGLOBAL YANG DIGAMBARKAN SEBAGAI PERUBAHAN KEHIDUPAN YANG PENUH DENGAN PARADOKSAL DAN KETAKTERDUGAAN. 
4. Mengapa IPTEKS harus berlandaskan nilai keagama-an? NILAI DASAR TERSEBUT AKAN MENJADI PANDUAN DAN MEWARNAI KEYAKINAN HIDUP WARGANEGARA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA. 
5. Apa yang dimaksud dengan krisis multidimensi? KRISIS MULTIDIMENSI ADALAH KRISIS YANG TERJADI DI BERBAGAI BIDANG DALAM WAKTU YANG RELATIF SAMA.

Tugas Pertemuan III

1.Berikan pengertian tentang bangsa Indonesia? Bangsa Indonesia adalah suatu wilayah yang terdiri dari Ribuan kepulauan yang berbangsa satu yaitu bangsa indonesia didasakan asas BHINEKA TUNGGAL IKA
2.Apakah yang dimaksud dengan negara? Negara adalah organisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu yang mempunyai pemerintah yang berdaulat.
3.Sebutkan unsur-unsur negara, apa saja? Wilayah, Penduduk, Pemerintah dan kedaulatan
4.NKRI didirikan berdasarkan UUD 1945, tunjukkan ada di Pasal  berapa? ada pada Bab IXA, Pasal 25A UUD 1945 Wilayah Negara. yang berbunyi  “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang”. 
5.Bagaimana proses terjadinya suatu negara di jaman modern ini? Suatu negara akan sealu berkembang seiring dengan perkembangan masyarakatnya. Negara tidak bersifat statis, akan tetapi terus berevolusi. Kenneth Waltz (1979), mengungkapkan bahwa Negara merupakan penggabungan dari berbagai individu yang berinteraksi satu sama lain untuk memaksimalkan kepentingan mereka sendiri. Asal terbentuknya sebuah negara adalah individu yang memiliki persamaan ide dan kepentingan dengan individu lainnya.  Sebuah negara terbentuk setelah manusia meninggalkan cara hidup nomaden dan kemudian mulai menetap di suatu wilayah. Pada awalnya, berdirinya suatu negara sangat berkaitan erat dengan Dinasti. Untuk ukuran negara modern, negara dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan masyarakat, wilayah, pemerintahan yang berkuasa, serta mengurusi tata tertib serta kelemahan masyarakat. Unsur utamanya adalah masyarakat, wilayah dan pemerintahan. Di negara modern, masyarakatlah yang dijadikan sebagai penentu masa depan suatu negara.

Tugas Pertemuan IV
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.















 Tugas Essay Sebelum UTS

1. Sebutkan pasal-pasal dan ayat-ayat berapa di UUD 1945 yang menjadi dasar hukum penddidikaan kewarganegaraan?
A. Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 bahwa: “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”
B. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 bahwa: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaaan negara”
C. UU RI. NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa: Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dan negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
D. Ketetapan MPR No. X/MPR/1998 Tentang pokok-pokok Reformasi pembangunan dalam rangka penyelamatan dan normalisasi kehidapaun nasional sebagian haluan negara.
E. Kep. menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 Tentang Pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penulaian hasil belajar mahasiswa telah ditetapkan bahwa pendidikan agama, pendidikan pancasila dan pendidikan kewarganegaraan merupakan kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian yang wajib di berikan dalam kurikulum setiap program program studi/kelompok program studi 
F. KEP. DIR.JEN. DIKTI. DEP.DIK.NAS. R.I. No. 267 / DIKTI / KEP / 2000, Tentang penyempurnaan kurikulum inti mata kuliah pengembangan kepribadian pendidikan kewarganegaraan pada perguruan tinggi di indonesia 
G. PP NO. 60 TAHUN 1999 tentang PENDIDIKAN TINGGI.

2. Sebutkan apa saja isu global yang ditujukan ke negara RI oleh negara- negara maju dan adi kuasa.?
- Tentang perekonomian yang rendah.
- Kemiskinan.
- Korupsi.

3. Jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM)?
HAM adalah hak dasar atau pokok manusia yang merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa" bukan pemberian penguasa.

4. Sebutkan Bab dan pasal di UUD 1945 yang khusus membicarakan tentang HAM?
Khusus menjelaskan tentang HAM di UUD 1945, BAB X A pasal 28 A s/d. Pasal 28 J.

5. Jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi?
Penjelasan Pasal 37 Ayat (1) UU RI No.20 Tahun 2003 :
“Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air"

6. Sebutkan isi Pasal 30 ayat 1 UUD 1945?
Tiap tiap Warga Negara berhak dan wajib ikutserta dalam usaha pertahanan dan Keamanan Negara.

7. Jelasakan apa yang dimaksud dengan unsur negara yang bersifat Konstitutif dan yang bersifat Deklaratif?
- Unsur negara yang bersifat Konstitutif adalah unsur mutlak yang harus ada didalam suatu negara.
- Sedangkan unsur Deklaratif hanya menerangkan adanya negara.

8. Sebutkan tujuan Nasional bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945?
A. Membentuk suatu pemerintahan Negara Republike Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
B. Memajukan kesejahteraan umum atau bersama.
C. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
D. Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.

9. Sebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945?
Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

10. Jelaskan menurut pendapat Abrahan Lincoln tentang demokrasi?
 Abraham Lincoln yang mengemukakan pendapat, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (government of the people, by the people, and for the peolple).

11. Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang memiliki asal kesamaan keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri, atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

12. Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi?
Suatu negara dapat dikatakan demokratis apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

13. Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia?
John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).

14. Jelaskan tentang demokrasi di Indonesia? 
Sejak merdeka, Indonesia telah mempraktekkan beberapa sistem politik pemerintahan atas nama demokrasi, dari, oleh dan untuk rakyat.
A. Tahun 1945-1959 - Demokrasi Parlementer
B. Tahun 1959-1965 - Demokrasi Terpimpin
C. Tahun 1965-1998 - Demokrasi Pancasila
D. Tahun 1998 - Sekarang - Orde Reformasi



Tugas Sebelum UAS 

 
1.Sebutkan isi Pasal 1 ayat 1 UUD 1945.? Isi pasal 1ayat 1 uud 1945 : Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk Republik.

2.Pemahaman Archipelago di Negara-Negara Barat berbeda dengan pemahaman Archipelago di Indonesia. Jelaskan tentang perbedaan tersebut.? Perbedaan yang esensial dari pemahaman ini adalah bahwa menurut paham Barat, laut berperan sebagai “pemisah” pulau, sedangkan menurut paham Indonesia laut adalah “penghubung” sehingga wilayah Negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai “Tanah Air” dan disebut Negara Kepulauan.

3.Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982. Jelaskan apa keuntungan dan kerugiannya.? Keuntungan : - diterimanya konsepsi negara kepulauan (Archipelagic State) - ditetapkannya lebar laut wilayah (teritorial) 12 NM, - batas zone ekonomi eksklusif (ZEE) 200 NM dan batas landas kontinen. - pengakuan status Indonesia sebagai negara kepulauan secara formal Kerugian : - banyak nya kapal-kapal asing yang masuk ke perairan indonesia - pada tahun 2004 menyebabkan kerugian US$ 2 bagi indonesia - terjadiya ilegal Fishing


4.Sebutkan apa saja Ajaran Dasar Wawasan Nusantara.? - Paham Kekuasaan Bangsa Indonesia Ajaran wawasan nasional bangsa Indonesia menyatakan bahwa : ideologi digunakan sebagai landasan idill dalam menentukan politik nasional, dihadapkan pada kondisi dan konstelasi geog2rafis Indonesia dengan segala aspek kehidupan nasionalnya. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia dapat menjamin kepentingan bangsa dan negaranya di tengah-tengah perkembanagn dunia. - Geopolitik Indonesia Pemahaman tentang Negara Indonesia menganut Negara kepulauan yaitu paham yang dikembangakan dari atas archipelago yang memang berbeda dengan pemahaman archipelago di Negara-negara barat pada umumnya. Perbedaan yang esensial dari pemahaman ini adalah bahwa menurut paham barat, laut berperan sebagai “pemisah” pulau, sedangkan menurut paham Indonesia laut adalah “penghubung” sehingga wilayah Negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai “Tanah Air” dan disebut Negara kepulauan. - Dasar Pemikiran Wawasan Nasional Indonesia Wawasan nasional Indonesia dibentuk dan dijiwai oleh pemahaman kekuasaan bangsa Indonesia yang berlandaskan falsafah pancasila dan oleh pandangan geopolitik Indonesia yang berlandaskan pemikiran kewilayahan dan kehidupan bangsa Indonesia. Pembahasan latar belakang filosofis sebagai dasar pemikiran pembinaan dan pengembangan wawasan nasional Indonesia ditinjau dari : a. Latar belakang pemikiran berdasarkan falsafah pancasila b. Latar belakang pemikiran aspek kewilayahan nusantara c. Latar belakang pemikiran aspek sosial budaya bangsa Indonesia d. Latar belakang pemikiran aspek kesejarahan bangsa Indonesia

5. Jelaskan apa yang ditulis oleh JOHN NAISBIT, dalam bukunya berjudul GLOBAL PARADOX.? - Menurut John Naisbitt, "semakin besar ekonomi dunia, semakin kuat para pemain kecil. Sebagai sistem keseluruhan tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas, menunjukkan bagaimana pentingnya bagian-bagian dari masing-masing individu meningkat dalam proporsi langsung. Ini kontradiksi yang nyata sedang bekerja dalam bisnis maupun politik. Untuk bertahan hidup, perusahaan-perusahaan besar saat ini harus melakukan desentralisasi dan restrukturisasi. Banyak teivitas telah menemukan peningkatan efisiensi da efektivitas lateral daripada organisasi vertikal - jaringan unit otonom daripada hirarki formal. Demikian pula semakin ekonomi dunia membesar, pemain komponen bangsa menjadi lebih kecil.

6.Perkembangan global saat ini sangat maju pesat, khususnya perkembangan dalam bidang apa? Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) yang semakin canggih

7.Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan satu bangsa perlu memperhatikan 4 K. Sebutkan apa 4 K tersebut.? - KEKUATAN, - KETANGGUHAN, - KEMAMPUAN - KEULETAN

8.Wujud Pertahanan dan Keamanan Indonesia tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara dengan menghadapi yang disebut AGHT. Sebutkan apa kepanjangan dari AGHT.? AGHT = ANCAMAN GANNGUAN HAMBATAN Dan TANTANGAN

9.Unsur Dasar Wawasan Nusantara diantaranya Tata Laku. Jelaskan tentang Tata Laku.? Tata laku, merupakan interaksi antara wadah dan isi. Tata laku batiniah dan lahiriah.

10.Jelaskan pendapat dari penulis buku Borderless World, Kenichi Omahe dalam menghadapi kekuatan global.? Penulis Buku Borderless World ( Kenichi Omahe ) Bahwa untuk dapat menghadapi kekuatan global peran pemerintah pusat harus dikurangi dan lebih memberikan peran kepada pemerntah daerah dan masyarakat.